Kamis, 28 Mei 2009

Sudahkah Kita Berislam?

"Islam" adalah sebuah kata bahasa Arab, yang mengandung arti tunduk, berserah diri serta taat kepada Allah Swt. Dalam pengertian yang sebenarnya Islam adalah sebuah agama hakiki, agama yang natural, agama yang tidak dinamakan atas nama pendirinya atau atas nama rakyat dimana agama itu dilahirkan. Misalnya, Kristen dari Kristus, Bhudhisme dari Bhuddha, Zoroasterianisme dari pendirinya Zoroaster, Yudaisme dari Yahudi, dll.

Kata Islam tidaklah menegaskan hubungan apapun yang serupa itu, karena ia tidaklah dimiliki oleh sesuatu rakyat, orang ataupun negara tertentu. Tujuan dari agama ini adalah menciptakan dalam manusia suatu kualitas atau sikap Islam (bersikap natural, fitrah). Diantara setiap manusia telah ada dan malahan sekarang pun masih ada dan dirasakan oleh setiap orang yang menggunakan nuraninya atau fitrahnya, yang tetap berjalan sampai kini.

Nash tersebut diatas merupakan kesimpulan dari tujuan etika Islam, yaitu mengembalikan kepada posisi fitrah manusia, yang dengan kesadaran itu, maka ia akan menjadi manusia paripurna dan ia akan berakhlak sebagaimana akhlak Allah, dengan kecenderungan berbuat baik tanpa beban dan paksaan. Kecenderungan berbuat baik akan terjadi, apabila kita mampu dan berusaha membersihkan jiwa. Dan kebersihan jiwa akan didapat apabila kita melaksanakan peribadatan sesuai dengan kriteria-kriteria pada syariatnya.

Agama Islam diturunkan untuk rahmatan lil a'lamin, rahmat untuk seluruh ummat manusia dan alam. Barang siapa menjaga lingkungannya dan melestarikannya maka ia telah berislam. Barang siapa meneliti tumbuh-tumbuhan, meneliti benda-benda langit dan kandungan di dalam bumi kemudian ia menemukan manfaatnya maka dia telah berislam dan mendapatkan ganjaran yang bermanfaat dalam hidupnya. sebaliknya siapa saja yang menghancurkandalam dan menganiaya dirinya dengan tidak menjalankan sunnatullah maka ia tidak berislam. Sehingga tidak jarang negara-negara yang mayoritas beragama Islam tidak mendapatkan rahmat dair Allah bahkan terhinakan dan dijajah oleh orang kafir yang telah memanfaatkan rahmat dari Allah. Dari fakta-fakta yang telah kita ketahui, siapakah sebenarnya yang telah berislam?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar anda sangat membantu saya dalam pengembangan diri secara mental & intelektual,oleh karena itu saya mohon kritik & sarannya......