Selasa, 29 September 2009

Lebih Sehat Dengan Donor Darah


Selama ini orang mungkin hanya tahu manfaat donor darah adalah untuk menyelamatkan nyawa seseorang. Padahal masih ada lagi manfaat yang bisa didapatkan jika melakukan donor darah. Badan pun bisa jadi lebih sehat.

Setiap tahun jutaan orang meninggal akibat kekurangan darah, karena setiap tiga detik satu orang membutuhkan darah. Donor darah merupakan kegiatan yang sangat mulia dan bermanfaat. Tapi sayangnya tidak semua orang bisa melakukan hal itu.

Padahal selain bisa menyelamatkan nyawa seseorang, donor darah juga memiliki manfaat lain untuk tubuh , seperti dikutip dari Herdaily, Rabu (30/9/2009), yaitu:

1. Donor darah bisa merangsang sumsum tulang belakang dalam menghasilkan sel darah merah yang baru untuk mengganti sel darah yang hilang, sehingga bisa merangsang sel baru dan menyegarkan sistem.
2. Donor darah bisa membantu mengurangi kelebihan kadar zat besi yang terakumulasi dalam tubuh. Kelebiha zat ini bisa berbahaya bagi tubuh.
3. Membantu mengurangi beberapa masalah kesehatan seperti penyakit jantung terutama pada laki-laki.


Orang yang boleh melakukan donor darah harus berusia antara 17 tahun sampai 70 tahun, memiliki berat badan lebih dari 45 kg, dalam keadaan sehat dan tidak mengidap penyakit menular seperti flu, batuk, AIDS, hepatitis atau penyakit menular lainnya serta tidak dalam keadaan hamil atau menyusui.

Jika Anda memenuhi semua persyaratan tersebut, maka tidak ada salahnya untuk mempersiapkan diri sebelum melakukan donor darah. Hal terpenting yang harus dipersiapkan sebelum dan sesudah donor adalah mengonsumsi air putih serta menghindari minuman yang mengandung kafein. Usahakan tubuh dalam keadaan santai sebelum donor, karena tubuh yang gugup bisa menyebabkan tekanan darah tidak stabil dan berakibat pusing.Makanlah makanan yang tinggi protein setelah donor, seperti daging sapi, ayam, kacang-kacangan atau telur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar anda sangat membantu saya dalam pengembangan diri secara mental & intelektual,oleh karena itu saya mohon kritik & sarannya......